Tips Menjalankan Bisnis dari Rumah

Tips Menjalankan Bisnis dari Rumah
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Semua orang pasti ingin menjalankan bisnis dari rumah yang dapat diandalkan bagi kehidupannya. Ide untuk membuat sebuah bisnis adalah hal termudah yang pertama dilakukan, namun bagian yang paling sulit untuk dilakukan adalah saat akan memulainya.

Kebanyakan orang memulai bisnis rumahan karena berbagai alasan klise sebagai akibat dari kejadian-kejadian yang mengubah hidup, seperti pensiun ataupun adanya keharusan mengasuh anak di rumah. Namun sebenarnya tidak harus seperti itu, justru sebaiknya memulai usaha harus sedini mungkin.

Tips Menjalankan Bisnis dari Rumah

Salah satu keuntungan menjalankan bisnis dari rumah adalah, Anda sebagi pebisnis memiliki banyak waktu luang yang tidak mengharuskan Anda pulang-pergi ke kantor, atau bisa dikatakan waktu Anda fleksibel. Dilihat dari sisi finansial, Anda juga tidak diharuskan membeli atau menyewa tempat usaha dan Anda pun bisa menentukan sendiri berapa banyak penghasilan yang ingin Anda dapatkan.

Walaupun ini bisnis rumahan namun yang namanya bisnis tetaplah bisnis, tidak boleh dijalankan asal-asalan. Anda harus memiliki strategi yang baik agar bisnis rumahan Anda dapat berjalan sesuai harapan dan menguntungkan. Nah bagi Anda yang ingin memulai sebuah bisnis di rumah berikut ini adalah beberapa tips menjalankan bisnis dari rumah yang patut Anda coba terapkan.

1. Menilai Kapasitas Diri

Anda harus tahu kapasitas diri dalam menjalankan sebuah bisnis, jangan sampai memaksakan sesuatu yang bukan berada dalam kapasitas Anda. Hal ini penting karena saat memutuskan membangun sebuah usaha maka Anda adalah karyawan sekaligus bos untuk diri Anda sendiri. Jika Anda menjalankan melebihi kapasitas Anda maka hal tersebut dapat menjadi ancaman bagi bisnis yang dibangun.

2. Rencana Bisnis yang Matang

Sebelum memulai bisnis rumahan, tentukanlah terlebih dahulu jenis produk atau jasa apa saja yang akan menjadi bagian dari bisnis rumahan Anda. Mulailah dengan menentukan modal awal dan target keuntungan yang harus dicapai. Buat rencana pemasaran untuk produk Anda tersebut.

Lakukan riset sederhana tentang pangsa pasar untuk produk atau jasa Anda, termasuk melihat potensi persaingan di pasar. Definisikan tujuan bisnis Anda dan break-even point (balik modal).

3. Mempersiapkan Anggaran

Pastikan persiapan anggaran yang benar-benar matang, pendanaan, dan opsi-opsi pendanaan lain untuk mengetahui titik balik modal Anda. Ini memang masih perkiraan, namun perkiraan itu akan memberikan Anda sebuah gambaran dan prediksi hasil yang mungkin Anda dapatkan.

Inventarisir item-item yang mudah dikelola, seperti biaya-biaya awal dan opsi pendanaan. Pertimbangkan juga faktor-faktor luar yang memiliki pengaruh penting dalam bisnis anda. Misalnya kebutuhan akan tenaga profesional atau tenaga ahli seperti akuntan dan ahli hukum bagi berjalannya bisnis Anda.

4. Melakukan Penyesuaian

Pada poin ini sebenarnya bersifat opsional, akan tetapi tetap dipertimbangkan ke dalam catatan jika bisnis Anda membutuhkannya suatu hari kelak. Juga penting bagi bisnis Anda untuk mendapat ‘payung’ hukum, mendapatkan NPWP, dan tunduk kepada ketentuan-ketentuan pemerintah lainnya seperti persyaratan pajak penghasilan, asuransi kesehatan, SIUP, dan sebagainya guna perkembangan bisnis Anda kelak. Tidak menutup kemungkinan bisnis Anda akan menjadi besar kelak walaupun dimulai dari rumah.

5. Membangun Bisnis ke Lini Digital

Menjalankan sebuah bisnis bukan hanya dengan satu cara, tapi ada banyak caranya. Meskipun Anda telah memiliki bisnis yang berjalan dengan baik dan dikenal di dunia nyata, tidak ada salahnya jika menghadirkan bisnis Anda ke dunia digital (internet). Buatlah sebuah halaman website yang berisi informasi mengenai bisnis Anda semenarik mungkin supaya para pelanggan baru bisa lebih mengenal usaha Anda.

Lakukan promosi melalui #media sosial seperti Facebook, Twitter, Googleplus, dan lain sebagainya. Lakukan promosi secara terencana yang dikemas secara menarik dan tidak membosankan bagi para pelanggan atau calon pelanggan baru.

Lima strategi menjalankan bisnis dari rumah di atas dapat dilakukan untuk membantu mencapai tujuan Anda. Jika kelima strategi tersebut dilakukan dengan benar, maka bisnis rumahan Anda bisa berjalan dengan baik, dan tidak menutup kemungkinan bisa menjadi bisnis besar yang dapat Anda jadikan sebagai sumber penghasilan utama. Semoga bermanfaat.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*