Sukses Bangun Bisnis Karoseri dari Hobi Otomotif

Sukses Bangun Bisnis Karoseri dari Hobi Otomotif
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Berawal dari hobi, lelaki kelahiran Sukabumi ini membangun CV Buaran Perkasa Motor. Tidak hanya menangani angkutan umum saja, karoseri ini juga merakit angkutan lainnya seperti, bus, dump truck, wing box, box, tangki air, ambulance dan kendaraan khusus untuk kebutuhan government / pemerintah. Dengan jumlah pegawai tetap 40 orang dan pekerja borongan yang bisa mencapai 300 orang di saat musim permintaan tinggi, setiap bulannya perusahaan ini dapat melayani sekitar 300 pesanan.

Sukses Bangun Bisnis Karoseri dari Hobi Otomotif

“Awalnya, membangun bisnis karoseri ini hampir tidak mungkin bisa,” ungkap Tan Wijaya yang akrab disapa Tanu ini, ia merintis bisnis ini sejak 2001. Pasalnya, ketika mengawali bisnis karoseri yang padat modal ini, Tanu hanya memiliki modal yang terbatas. Tanu hanya punya pengalaman serta minat yang besar,. “Awal mulanya dari hobi, saya memang sangat hobi dengan otomotif. Saya juga pernah bekerja selama enam tahun di dunia karoseri,” katanya.

Dari pengalamannya selama bekerja, ia dapat melihat peluang besar di industri karoseri. Pelaku di industri ini bisa dihitung dengan jari, sementara kebutuhan masyarakat akan alat transportasi terus melonjak. Oleh karena itu, Tanu pun mantap mencoba peruntungan di bisnis ini. Bermodalkan tabungan Rp 25 juta dan tanah seluas 550 m2 di Jalan Pabuaran, Sukabumi, Tanu nekat menerima pengerjaan pesanan satu unit kendaraan komuter untuk kebutuhan salah satu tempat wisata yang berada di Puncak.

Sukses Bangun Bisnis Karoseri dari Hobi Otomotif

“Tidak ada perencanaan yang luar biasa. Ada peluang, ya, saya ambil. Sesederhana itu,” akunya. Dari satu unit kendaraan ini, permintaan akan kendaraan terus bertambah. Hingga akhirnya, berkat komitmen Tanu dalam menjaga kualitas produk dan kepuasan pelanggan, Buaran Perkasa Motor kini telah digandeng menjadi partner oleh 3 ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk) besar di Indonesia, yaitu Auto 2000 (Toyota), Astra Isuzu, dan Indomobil (Suzuki).

Ditanya rahasia kesuksesannya, Tanu mengaku tidak percaya dengan bakat. Baginya, yang terpenting adalah kerja keras dan mau belajar. Ia juga menerapkan ajaran orang tuanya untuk selalu jujur, kerja keras dan pantang menyerah. Yang tak kalah penting, Tanu membeberkan, jaringan bisnis memiliki pengaruh signifikan dalam pertumbuhan bisnisnya.

“Untuk bisa masuk ke pasar, jaringan sangat besar pengaruhnya. Saya senang sekali bergaul dan berteman. Hingga suatu saat, saya ditawari teman untuk masuk menjadi vendor AUTO2000. Karena kami komitmen soal kualitas produk, tiga ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk) besar di Indonesia (Auto 2000 – Toyota, Astra Isuzu dan Indomobil – Suzuki) pun mendukung dan percaya dengan perusahaan kami,” jawab Tanu.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*