Rahasia Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Rahasia Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Binahong? Pada tidak kenal? Bagaimana dengan Gondola. Ya, binahong banyak dikenal dengan nama Gondola di Indonesia. Manfaat daun binahong tidak pernah bohong lho. Banyak yang sudah membuktikannya bagi yang paham dengan khasiat alias manfaat daun binahong ini. Sekarang masalahnya, maukah kita mengetahui manfaat daun binahong ini? Di sini kita akan bahas dengan terperinci.

Rahasia Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan

Daun binahong memiliki nama latin Bassela Rubra Linn.. Tanaman satu ini memiliki bentuk daun yang melengkung dengan bentuk bagian yang dekat dengan batang menyerupai hati. Tanaman satu ini dapat hidup di mana saja. Tanaman ini bisa hidup di dataran rendah, dan juga dataran tinggi. Bagi kita yang tertarik menanam nantinya bisa dengan mudah memetik hasilnya. Tanaman satu ini lumrah ditemukan di Cina, madagaskar, dan Korea. Demikian pula dengan Indonesia. Banyaknya tanaman ini sungguh sangat disayangkan apabila tidak dipergunakan dengan baik.

Khasiat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Daun binahong memiliki manfaat untuk kesehatan yang banyak sekali jenisnya. Inilah yang menyebabkan di Cina daun binahong dapat dikatakan popular digunakan. Beragam penyakit diatasi dengan manfaat daun binahong. Mari kita sebutkan banyak di antaranya seperti: lemah syahwat, ambeien berdarah, batuk darah, muntah darah, kencing manis, darah rendah, penyakit paru-paru, luka borok, kencing manis, diabetes, luka borok, patah tulang, gatal-gatal, eksim kulit, radang ginjal, disentri, gegar otak berat dan tingan, menghangatkan tubuh, mimisan, menambah nafsu makan, membuat lancar menstruasi, gusi berdarah, meningkatkan imunitas tubuh, rematik, luka bakar, memar, maag, tipes, luka parut, sakit pinggang, kecelakaan, pembengkakan jantung, pegal linu, stress, pembekuan darah, pembengkakan liver, dan mencegah stroke. Banyaknya dari manfaat daun binahong ini tentu saja sangat panjang jika dibahas semuanya. Beberapa akan dibahas seperti:

  • Mengatasi Gangguan Maag

Maag adalah penyakit yang amat menganggu aktivitas manusia sehari-hari. Sehari-harinya dengan banyaknya pergerakan, dibutuhkan tubuh yang fit. Cara mendapatkan tubuh fit adalah dengan menjaga kantong nasi tetap terjaga sehingga kita dengan mudah dapat melahap berbagai makanan. Sayangnya, jika terkena maag, makanan yang masuk ke dalam tubuh akan sakit dan justru menganggu kegiatan.

Pada kasus yang parah, orang yang mengalami maag bisa mengalami opname dan juga mengeluarkan keringat dingin. Penting sekali mengatasi maag ini. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan daun binahong direbus dan kemudian setelah cukup dingin, air rebusan daun binahong diminum. Air rebusan harus diminum rutin. Ketika sudah diminum rutin, niscaya gangguan maag akan berkurang.

  • Meredakan Kolesterol

Ketakutan terbesar orang hari ini salah satunya adalah masalah kolestrol. Kolestrol yang terlalu tinggi akan menganggu peredaran darah. Peredaran darah yang tidak lancar jelas akan menyebabkan penumpukan. Penumpukkan kolesterol ini lambat laun akan mengundang banyak penyakit.
Manfaat Daun binahong

dengan senyawanya yang kuat bisa mengurangi alias meredakan kolesterol. Caranya sederhana sekali. Cukup rebus beberapa lembar daunnya dengan air secukupnya. Air rebusan yang dirasa sudah cukup susut dan kental dengan esens daun binahong tinggal diminum saja setelah cukup dingin.

  • Mengurangi Asam Urat

Asam urat yang dihasilkan tubuh ternyata bisa berlebihan dan menumpuk di sendi. Setelah menumpuk di sendi, ini akan menganggu aktivitas kita lambat laun. Semakin lama dibiarkan, akan emmbentuk kristal yang menyebabkan kelumpuhan jangka panjang. Tentu hal ini tidak bisa dibiarkan bagitu saja. Cara utama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan daun binahong. Baca juga khasiat dan manfaat daun sukun.

Daun binahong yang sudah dipetik digunakan dalam rebusan. Air rebusan ditunggu susut setelah daun binahong dimasukkan. Setelah cukup dingin, minumlah si air rebusan. Peminuman tidak bisa langsung menyembuhkan atau mengurangi asam urat jika hanya sekali atau tidak rutin. Maka dari itu, sangat penting meminum daun binahong secara rutin agar manfaatnya untuk kesehatan bisa terasa.

Selain diguanakn sebagai media pengobatan, daun binahong juga dapat dimanfaatkan untuk menunjang kesehatan kulit, seperti berikut :

  1. Mengobati luka berdarah. Tumbuk daun binahong atau dihaluskan secukupnya. Oleskan pada bagian tubuh yang bengkak atau luka secara merata. Lakukan selama luka jika luka masih dalam kondisi basah.
  2. Mengobati jerawat. Ambil 5 atau lebih daun binahong dan tumbuk sampai hancur. Langsung oleskan pada jerawat secara teratur. Lebih baik jika Anda diterapkan pada malam hari sebelum tidur. Jika ingin hasil yang maksimal, ambil 5-6 lembar daun binahong air kemudian rebus dengan 2 gelas air, hingga tersisa satu gelas. Tambahkan manfaat madu secukupnya, untuk menambah rasa.
  3. Obat Luar. Untuk pemakaian luar, daun dan batang ditumbuk halus kemudian dioleskan pada bagian yang sakit. Bahan ini untuk menyembuhkan memar karena terbentur, rematik, pegal linu, sakit otot atau menghaluskan kulit.
  4. Menjaga Kesehatan Wajah. Tips ini cukup efektif untuk menghilangkan keriput dan jerawat pada wajah. Cara membuatnya juga cukup mudah, cukup menggunakan daun binahong sebagai masker wajah. Tumbuk 5-6 binahong kemudian oleskan pada wajah yang bersih setiap sebelum tidur.

Mudah dan cepat, bukan, menggunakan daun binahong dibandingkan terus menggunakan obat-obat kimiawi? Jadi, tunggu apa lagi dan petik daun binahong kita sekarang juga dan rasakan kegunaannya.

 

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*