PENGARUH BURUK AKIBAT KURANG TIDUR

PENGARUH BURUK AKIBAT KURANG TIDUR
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

PENGARUH BURUK AKIBAT KURANG TIDUR

Tidur memiliki peran penting bagi tubuh karena pada saat tidur tubuh akan merawat kesehatan fisik dan mental kita. Fungsi ini penting agar kita mendapat kesegaran saat bangun sehingga selanjutnya siap menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu, tidur juga ikut menunjang pertumbuhan, terutama pada anak dan remaja, karena pada saat tidurlah hormon pertumbuhan dikeluarkan.

Kebutuhan tidur tiap orang tidak sama, namun bagi kebanyakan orang, delapan jam waktu tidur berkualitas adalah kisaran yang dibutuhkan agar fungsi penting di atas dapat berjalan optimal. Yang terbaik adalah mengetahui seberapa banyak tubuh membutuhkan tidur dan sebisa mungkin mencukupinya. Bagi anak-anak dan remaja, kebutuhan tidur mereka setengah jam hingga satu jam di atas kisaran normal.

Kebutuhan tidur yang tidak tercukupi bisa menyebabkan Anda terlihat lelah saat bangun tidur atau menguap sepanjang hari.

Beberapa hal berikut juga dapat terjadi jika Anda mengalami kurang tidur.

1. Merusak fungsi otak
Kurang tidur membuat neuron dalam otak tidak bisa beristirahat dengan cukup. Pada akhirnya, hal ini merusak fungsi kognitif dalam otak.

2. Pengaruhi suasana hati
Kurang tidur dapat menyebabkan orang-orang cenderung mengalami perubahan suasana hati. Sering kali, mereka mudah marah tanpa alasan yang jelas. Bahkan, dalam jangka waktu panjang hal ini dapat merusak daya ingat.

3. Obesitas
Obesitas sangat rentan dipengaruhi karena kekurangan tidur. Hal itu karena penurunan tingkat hormon leptin yang menyebabkan seseorang tak mudah merasakan kenyang. Sementara, produksi hormon ghrelin yang berkontribus dalam meningkatkan nafsu makan bertambah.

4. Kurangnya kekebalan tubuh
Saat tidur, tubuh manusia bekerja untuk memperkuat kekebalan tubuh dengan cara memproduksi lebih banyak zat antibodi. Karenanya, saat kekurangan tidur, secara otomatis imunitas dalam tubuh berkurang dan penyakit mudah menyerang tubuh.

Selain terkait kesehatan tubuh di atas, kurang tidur juga turut bertanggung jawab kepada banyaknya angka kecelakaan lalu lintas. Selamat beraktifitas dan semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk share ya..

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*