Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Lengkuas digunakan secara luas oleh masyarakat Indonesia sebagai bumbu dasar berbagai macam kuliner nusantara. Seperti, bumbu pelengkap untuk olahan daging, sayuran dan ikan. Lengkuas adalah tanaman rempah-rempah yang termasuk dalam genus alpina. Tanaman yang berasal dari thailand ini di daerah timur tengah dijadikan sebagai ramuan obat herbal.

Kandungan Zat dalam Lengkuas

Satu porsi (-/+ 64 g) lengkuas mengandung 45 kalori dan 2 g serat. Tanaman herbal ini juga kaya akan kandungan :

  • sodium
  • zat besi
  • vitamin A
  • vitamin C
  • flavonoid
  • fitonutrien
  • emodin
  • beta-sitosterol
  • quercetin
  • galangin

Selain itu, Lengkuas memiliki juga mengandung anti-inflamasi dan anti-oksidan yang dapat mengurangi resiko peradangan tertentu. Baru-baru ini, para ilmuwan Korea menyatakan bahwa semua senyawa yang terkandung dalam lengkuas mampu menghambat oksida nitrat (NO), dan produksi lipopolisakarida (LPS). Sejumlah manfaat lengkuas ini, berasal kandungan zat yang berkhasiat seperti berikut :

Kesehatan

1. Memberikan rasa nyaman di perut

Makan lengkuas dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan di perut yang disebabkan oleh peradangan atau penyakit lain. Sehingga dapat dipergunakan untuk membantu mengurangi, muntah, mabuk perjalanan serta dapat mengurangi gejala diare. Selain itu, di Cina lengkuas digunakan sebagai obat cegukan, dimana penggunaannya di kombinasikan dengan manfaat ginseng.

2. Menurunkan deman

Lengkuas mengandung analgesik dan antipiretik yang dapat membantu mengurangi rasa sakit seperti demam, serta dapat mengurangi infeksi akibat bakteri dan jamur. Selain itu, batang bawah dari galangal ini, telah menunjukkan efek penghambatan in vitro pada banyak bakteri patogen seperti anthrax bacillus, hemolitik streptokokus dan berbagai strain staphylococcus.

3. Mengurangi gangguan pernafasan

Lengkuas dapat digunakan sebagai pengobatan infeksi saluran pernapasan bagian atas seperti bronkitis kronis dan batuk.

4. Menjaga kesehatan mulut

Ekstrak akar lengkuas dapat digunakan sebagai obat kumur sehingga dapat mengurangi sariawan, radang gusi dan radang lainnya di mulut dan tenggorokan dan dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut (halitosis).

5. Mengurangi resiko kanker

Sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari Inggris menunjukkan bahwa lengkuas mengandung manfaat flavonoid galangin. Galangin terbukti memiliki anti-oksidatif untuk menangkal radikal bebas. Zat ini dapat memodulasi enzim kegiatan dan menekan genotoxicity bahan kimia. Selain itu, lengkuas juga memiliki kandungan minyak atsiri. Para peneliti telah menunjukkan minyak atsiri ini bisa meningkatkan permeasi kulit dari fluorouracil.

6. Menurunkan lipid

Kandungan flavonoid utama yang ada di lengkuas seperti galangin, quercetin dan kaempferol bisa menghambat lemak asam.

7. Dapat menurunkan resiko rematik

Di negara-negara Timur Tengah, lengkuas digunakan sebagai bahan ramuan untuk mengobati reumatik dan arthritis.

Penggunaan Lengkuas Sebagai Obat Alami

Lengkuas merupakan sejenis tanaman akar rimpang yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam obat-obatan tradisional Cina, India, dan beberapa negara besar lainnya. Lengkuas dapat membantu mengurangi gangguan pencernaan, sakit perut, mabuk dan mual. Selain itu, lengkuas juga relatif murah dan tidak memiliki efek samping bagi sebagian besar penggunanya.

Seiring dengan kemajuan teknologi farmasi, banyak peneliti yang menemukan manfaat lengkuas melalui berbagai jenis uji coba pada lengkuas sebagai obat alami. Tak dapat dipungkiri bahwa di masa depan, pembuatan obat pasti akan menggabungkan unsur-unsur dari jaman dahulu dengan teknik modern untuk menyediakan senjata baru untuk melawan penyakit.

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, lengkuas telah digunakan di Asia dan Timur Tengah sebagai bahan dasar pembuatan parfum, snuffs, aphrodisiacs, cuka, bir, teh dan anggur. Seperti jahe, lengkuas juga dapat digunakan untuk mengobati mual, perut kembung, dan dispepsia. Ciri-ciri tanaman ini antara lain ia memiliki aromatik dan tajam dan pedas seperti jahe. Selain itu lengkuas memiliki kulit merah atau coklat dan interior putih ataupun kuning.

Namun, lengkuas ternyata juga bisa menyebabkan aleri. Nah, Jika seseorang rentan terhadap alergi atau kulit sensitif, sebaiknya menghindari penggunaan tanaman ini.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*