Cara Mudah Atasi Bau Mulut yang Mengganggu

Cara Mudah Atasi Bau Mulut yang Mengganggu
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest
Bau mulut atau nafas tak sedap merupakan masalah serius yang harus segera diatasi. Hal ini dikarenakan bau mulut dapat mengganggu orang disekitar, dan membuat kita menjadi tidak percaya diri. Selain itu bau mulut juga dapat membuat diri kita dijauhi teman-teman kita.
Cara Mudah Atasi Bau Mulut yang Mengganggu
Bau mulut memang bukan penyakit, namun bau mulut disebabkan oleh kebiasaan buruk yang juga dapat berpotensi menyebabkan penyakit, terutama penyakit mulut. Bau mulut bisa bersifat sementar, juga bisa bersifat terus menerus. Bau mulut yang bersifat sementara bisa kita atasi dengan cara berkumur. Sedangkan bau mulut yang bersifat terus menerus harus diatasi dengan cara merubah gaya hidup yang lebih sehat, dengan menjaga kebersihan mulut kita.
Bau mulut disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat dan tidak bersihm terutama dengan tidak menjaga kebersihan mulut. Nah berikut beberapa cara untuk mengatasi bau mulut.

1. Menggososok gigi

Cara paling ampuh dan cepat untuk menghilangkan bau mulut yaitu dengan cara gosok gigi menggunakan pasta gigi. Bau mulut disebabkan mulut dalam keadaan kotor, banyak sisa makanan yang tertinggal digigi sehingga membusuk dan menyebabkan bau tak sedap, sehingga gosok gigi adalah solusi yang terbaik untuk mengatasi masalah bau mulut anda.

2. Berkumur dengan obat kumur atau air garam

Jika berkumur dengan air biasa saja tidak mampu untuk menghilangkan bau mulut, maka anda harus berkumur dengan obat kumur. Jika anda tidak menemukan obat umur, anda bisa menggantinya dengan air garam. Ambil sedikit air hangat lalu anda campurkan dengan garam dan gunakan untuk berkumur, maka bau mulut akan hilang seketika.

3. Mengunyah beras

Mengunyah beras juga menjadi solusi untuk mengatasi masalah bau mulut anda. Ketika anda sudah merasa tidak nyaman karena bau mulut, ambilah segenggam beras lalu anda kunyah, anda tak perlu menelannya. Jika dirasa sudah halus, maka muntahkanlah. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi bau mulut.

4. Minum air putih

Mulut yang kering menjadi penyebab utama bau mulut, nah untuk mengatasi hal ini anda disarankan untuk minum air putih. Air putih akan mengatasi dehidrasi serta mulut kering, sehingga bau mulut akan hilang seketika.

5. Minum susu

Tidak hanya air putih saja, susu juga dapat menjadi solusi bau mulut anda. Susu yang dapat mengatasi bau mulut adalah susu kental manis. Susu kental manis dapat melindungi gigi dan membuat gigi sehat. Dengan gigi sehat, bau mulutpun dapat dicegah.

6. Makan buah dan sayuran

Buah dan sayuran mengandung banyak air yang dapat mencegah dehidrasi serta mulut kering. Ketika anda merasa tidak nyaman karena mulut kering dan bau, anda bisa mengkonsumsi buah ataiu sayuran, terutama yang mengandung banyak air seperti semangka, mentimun dan lain sebagainya.

7. Mengunyah permen karet

Mungkin banyak orang bingung, bagaimana bisa mengunyah permen karet dapat menghilangkan bau mulut? Jawabnya tentu bisa, dengan mengusah permen karet, mulut akan memproduksi air liur sehingga kuman-kuman akan mati dan bau mulut akan hilang.

8. Ketumbar

Ketumbar merupakan rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bumbu dapur. Namun ketumbar juga bisa kita gunakan untuk mengatasi bau mulut. Caranya yaitu dengan merebus ketumar, kemudian anda saring airnya dan anda gunakan untuk berkumur, anda juga bisa untuk meminumnya.

9. Daun sirih dan lengkuas

Daun sirih dan lengkuas juga akan menjadi solusi atasi bau mulut anda. Caranya yaitu anda rebus daun sirih dan lengkuas kemudian anda gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

10. Jeruk nipis dan madu

Campuran air perasan jeruk nipis dan madu tidak hanya ampuh untuk mengatasi batuk, namun juga dapat mengatasi masalah bau mulut. Campurkan kedua bahan tersebut hingga merata lalu anda minum.

11. Kayu manis

Kayu manis juga merupakan salah satu bumbu dapur yang dapat anda gunakan untuk mengatasi bau mulut.  Caranya sangat mudah sekali, anda seduh kayu manis pada teh. Kemudian anda minum 2 kali dalam sehari.

Cara Mencegah Bau Mulut

Untu mencegah bau mulut tentunya anda diwajibkan untuk menjaga kebersihan mulut anda dengan gosok gigi 2 kali dalam sehari. Selain itu anda juga disarankan untuk menjauhi makanan pemicu bau mulut. Jangan pernah melewatkan sarapan dan perbanyak minum air putih.
Demikianlah cara mudah dan cepat untuk atasi bau mulut. Bau mulut memang bukanlah penyakit, namun bau mulut merupakan masalah serius yang harus segera diatasi. Semoga tips diatas dapat bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih.
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*