Cara Menghilangkan Bau Mulut dan Mencegahnya

Cara Menghilangkan Bau Mulut dan Mencegahnya
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Pada dasarnya, mulut berfungsi untuk mengeluarkan suara-suara yang nantinya akan direspon oleh lawan bicara kita, baik itu secara langsung ataupun tak langsung (melalui media seperti handphone). Apabila kamu berbicara langsung dengan seseorang, semua itu akan terasa nyaman ketika tidak adanya bau mulut.

Cara Menghilangkan Bau Mulut dan Mencegahnya

Bau mulut merupakan masalah kesehatan yang sulit sekali untuk diketahui diri sendiri. Kebanyakan orang mengecek bau mulut dengan cara meniupkan atau menghembuskan napas ke tangan, kemudian napas tersebut dicium bau atau tidak. Sebenarnya cara ini tidak cukup efektif untuk mengetahui bau mulut kamu, bahkan sama sekali tidak bekerja.

Berikut Tipsnya 

  • Rutinlah menggosok gigi

Hal paling dasar yang harus segera kamu lakukan adalah menggosok gigi secara rutin, setidaknya sebanyak 2x sehari setiap kali mandi. Dengan keadaan gigi yang selalu bersih dan terbebas dari sisa makanan, maka bau mulut tidak akan menyerang kamu lagi. 

  • Jika perlu, gunakan benang gigi

Para ahli bilang “menggosok gigi saja tidak cukup”. Menggosok gigi memang sekilas dapat membuat gigi terlihat lebih bersih, namun sebenarnya masih ada beberapa sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi. Apabila makanan  tersebut tidak dibersihkan, maka akan menimbulkan munculnya plak dan karang gigi. Agar sisa makanan dapat hilang secara maksimal, gunakan pula benang gigi.

  • Gunakan obat kumur anti-bakteri

Obat kumur anti-bakteri sangatlah berguna untuk membunuh bakteri dan menghilangkan plak/karang gigi. Cara menghilangkan bau mulut dengan berkumur ini cukup efektif apabila kamu lakukan setiap bangun tidur. Mengingat saat tidur banyak sekali bakteri yang berkembangbiak dan menyebabkan munculnya bau tak sedap.

  • Mengangkat kotoran dan bakteri pada lidah

Bakteri penyebab bau mulut tidak hanya dapat bersarang di sela-sela gigi saja, mereka juga bisa bersarang di bagian lidah. Secara tidak langsung, bakteri-bakteri tadi akan membentuk lapisan yang mana menyebabkan bau mulut.

Untuk mengatasi masalah satu ini, kamu bisa menggosok permukaan lidah secara rutin dengan menggunakan sikat gigi. Bila perlu, belilah alat pembersih lidah khusus karena sudah dirancang untuk menerapkan tekanan yang sama pada permukaan lidah.

  • Berhenti merokok sekarang juga

Agar seseorang dapat berhenti merokok 100 % memang sulit, bahkan sangat-sangat sulit sekali. Akan tetapi jika kamu tak ingin dijauhi oleh orang disekitar karena bau napas, motivasilah diri sendiri untuk mulai mengurangi rokok sampai nantinya berhenti total.

  • Permen karet bebas gula

Setelah selesai makan malam, janganlah kamu makan permen yang manis-manis. Permen manis dapat memicu bakteri pada bagian mulut. Ada baiknya, kamu mengganti permen manis tersebut dengan permen karet bebas gula.

  • Perbanyak konsumsi air putih

Seperti kita ketahui sebelumnya, air putih sangatlah efektif untuk mencegah adanya dehidrasi dan panas dalam. Keadaan mulut yang kering (dehidrasi), dapat memicu munculnya bau mulut kurang sedap. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu memperbanyak konsumsi air putih.

Sejatinya menurut para ahli konsumsi air putih sehari itu harus 8-10 gelas, lebih banyak akan lebih baik. Namun apabila kamu sudah memperbanyak konsumsi air putih bau mulut masih ada, maka lebih baik konsultasikan kepada dokter atau ahlinya.

  • Sediakan buah-buahan segar di lemari es

Buah-buahan sangatlah efektif untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap. Kandungan nutrisi di dalam buah dipercaya mampu membunuh kuman dan bakteri pada bagian mulut, dengan konsumsi secara rutin maka mulut pun akan harum dan sehat. Salah satu buah yang cukup efektif untuk menghilangkan bau mulut adalah buah alpukat.

Cara Mencegah Bau Mulut Tak Sedap dengan Mudah

Dari beberapa cara menghilangkan bau mulut diatas, mungkin ada beberapa yang berguna sebagai tindakan pencegahan. Tindakan pencegahan bau mulut juga sangat efektif diterapkan setelah bau mulut hilang. Adapun cara mencegah bau mulut antara lain:

  1. Usahakan selalu menyediakan permen mint di tas atau celana kamu. Alasanya jelas, permen mint bisa membantu mencegah bau napas meskipun dalam waktu singkat.
  1. Makan yoghurt setiap pagi hari. Yogurt tawar tanpa gula terbukti cukup efektif untuk membunuh bakteri pada mulut. Jika ingin terbebas dari bau napas, lebih baik konsumsi setiap sebelum melakukan aktivitas rutin.
  1. Konsumsilah keju rendah karbohidrat tapi tinggi kalsium. Keju jenis ini bisa membantu meningkatkan produksi air liur yang mengandung tinggi akan anti-bakterial.

Itulah beberapa upaya yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau mulut busuk dengan cepat. Sebagai tambahan, ketika menerapkan cara mengatasi bau mulut secara alami, lebih baik lakukan 1 cara saja secara konsisten. Jangan berganti-ganti bahan alami lain sebelum ada reaksi. Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan, terima kasih :).

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*