Cara Mengatasi Susah Tidur

Cara Mengatasi Susah Tidur
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Tidur adalah salah satu kenikmatan yang pasti dirasakan setiap orang. Dengan tidur badan kita akan istirahat dan meregenerasi kembali tenaga yang telah digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Setiap orang mendambakan tidur dengan nyenyak.

Cara Mengatasi Susah Tidur

Namun bagaimana jika ternyata seseorang justru malah terganggu dalam tidurnya. Ia justru malah susah untuk tidur terutama di malam hari. Kondisi seperti itu tentu harus segera diatasi. Karena dikhawatirkan malah akan menimbulkan masalah-masalah lainnya seperti penyakit.

Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

Penyebab seseorang mengalami gangguan susah tidur ada banyak hal. Bisa saja seseorang yang mengalami susah untuk tidur dikarenakan karena sedang mengalami stress, tekanan pikiran, lingkungan yang buruk atau bisa juga kondisi udara yang kurang mendukung seperti terlalu panas atau terlalu dingin. Dengan mengetahui sebab tersebut anda bisa menemukan solusinya. Misalkan saja penyebabnya karena anda stress memikirkan masalah pekerjaan di kantor maka solusinya adalah dengan menenangkan diri anda terlebih dahulu.

Cara Mengatasi Susah Tidur

Berikut ini tips sederhana bagaimana cara mengatasi susah tidur yang mungkin sedang anda alami saat ini. Selain membuat lingkungan anda nyaman, ada beberapa makanan yang bisa anda konsumsi agar tidur anda lebih nyenyak. Diantara caranya adalah sebagai berikut:

1. Tempat tidur yang nyaman

Tempat tidur yang nyaman tentu berpengaruh pada kualitas tidur Anda. Nyamankan tempat tidur anda dan perbaiki posisi tidur anda sesantai mungkin. Mulai sekarang benahi barang-barang di kamar tidur anda. Hindari barang-barang yang berserakan apalagi sampah berserakan. Setiapkali menjelang tidur, buatlah aktivitas membenahi barang-barang. Selain nyaman, kebersihan juga harus diperhatikan. Gantilah sprei setiap 3-4 hari sekali. Jika perlu tambahkan pewangi ke area kamar tidur. Usahakan suhu ruangan yang sejuk, dengan menambahkan AC atau kipas angin.

2. Mandi setelah pulang kerja

Keringat yang menempel di tubuh setelah seharian bekerja juga bisa mengganggu kenyamanan anda. Mandilah pada sore hari. Biasakan mandi setiap kali anda pulang kerja. Selain membuat badan anda segar setelah seharian bekerja, tentu akan membuat anda rileks menjelang tidur. Jika anda pulang larut malam dan ingin mandi, maka mandilah dengan air hangat agar tubuh anda tidak sakit.

3. Mendengarkan musik

Jika Anda mengalami kesulitan tidur, mendengarkan musik merupakan alternatif yang menenangkan. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mendengarkan musik sebelum tidur meningkatkan kualitas tidur pada malam hari, daripada orang yang tidak. Hanya pastikan musik yang sedang Anda dengarkan merupakan musik yang disukai dan menenangkan. Anda bisa mendengarkan lewat hp dan bisa menggunakan headset, tidak perlu volume yang keras, dan usahakan setting otomatis mati dalam beberapa jam.

4. Minum Susu Hangat

Minum segelas susu hangat sebelum tidur akan membantu Anda cepat tertidur, karena susu memiliki efek relaksasi pada tubuh dan pikiran. Susu adalah sumber kalsium yang baik, yang membantu mengatur produksi melatonin. Melatonin adalah hormon yang mengontrol tidur. Juga, kalsium susu membantu memerangi stres. Minum setidaknya satu jam sebelum tidur.

5. Pisang

Pisang merupakan obat tidur alami karena mengandung asam amino yang disebut triptofan yang membantu meningkatkan kadar serotonin. Serotonin adalah sejenis hormon yang membantu mengatur pola tidur. Selain itu, pisang mengandung relaksan otot alami, magnesium, dan potasium, yang membantu mempermudah tidur. Plus, karbohidrat dalam pisang membuat orang cepat mengantuk. Makan satu pisang satu jam sebelum tidur setiap malam.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*