Cara Membuat Minuman Dari Lidah Buaya

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Panas-panas memang paling seger minum es. Ini es ya buatan sendiri kawan. Dari alam dan tanpa bahan buatan. Bahannya dari lidah buaya loch. Pasti kalian heran kok bisa. Padahal lidah buaya biasanya dibuat merawat rambut dan maker wajah. Ternyata ini bisa dibuat minuman yang segar sekali. Buat ngilangin dahaga kita. Yuk, coba dirumah kalian. Lihat cara pembuatannya berikut ini.

Cara Membuat Es Lidah Buaya Segar untuk buka puasa

Bahan-bahan :
600 gram lidah buaya (pilih yang tebal)
1 sendok teh kapur sirih
300 ml air
1 sendok teh garam
Air bersih secukupnya (untuk merebus lidah buaya)
800 ml air
400 gram guula pasir
2 lembar daun pandan (dipotong-potong)
1/2 sendok teh vanili
1 sendok makan biji selasih kering (rendam hingga mengembang)
Es batu secukupnya saja

Cara membuatnya :
Kupas batang lidah buaya, potong-potong bentuk kotak, lalu dicuci hingga bersih. Campurkan potongan lidah buaya dengan kapur sirih yang sidah dilarutkan dengan 300 ml air dan garam, lalu aduk-aduk. Diamkan campuran tersebut hingga sekitar 60 menit. Kemudian cuci lagi hingga tidak berlendir dan tiriskan.

Masak air hingga mendidih, kemudian masukkan potongan lidah buaya, rebus dalam waktu kurang lebih 10 menit, lalu angkat dan tiriskan, lalu sisihkan dahulu.

Masaklah 800 ml air dicampur dengan gula pasir dan daun pandan, lakukan hingga gula larut bersama air. Masukkan vanili, kemudian masukkan juga lidah buaya yang telah direbus sebelumnya, aduk-aduk sebentar, lalu angkat dan dinginkan. Selanjutnya tambahkan selasih dan aduk. Sajikan lidah buaya dengan dicampur es batu agar lebih menyegarkan.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*