Cara Melembutkan Rambut dengan Santan Kelapa

Cara Melembutkan Rambut dengan Santan Kelapa
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest
Cara Melembutkan Rambut dengan Santan Kelapa
Bingung karena belum menemukan bahan yang tepat untuk merawat rambut Anda? Mungkin Anda bisa mencoba santan kelapa. Tidak hanya lezat sebagai bumbu masak, kelapa juga baik untuk merawat kecantikan serta kesehatan rambut. Berikut tiga manfaat kelapa:

* Memperlambat pertumbuhan uban 

Ada sebagian orang yang beruban di usia yang tidak seharusnya. Penyebabnya banyak, seperti stres atau shampo yang tidak cocok. Menghilangkan uban tentu bisa dilakukan dengan mengecat rambut. Namun pencegahan tentunya lebih efektif, bukan?Dengan santan kelapa, kemunculan uban dapat ditunda. Bahkan jika sudah terlanjut pun, kelapa masih dapat mengurangi jumlah uban yang mungkin bertambah. Orang dulu biasanya memarut kelapa yang sudah tua, dan memerasnya sampai keluar santan. Santan itu akan ditambahkan garam dan diembunkan semalam. Esoknya tinggal dioleskan pada rambut.

* Menghilangkan ketombe

Tidak sekadar mengurangi keindahan rambut, ketombe juga membuat kulit kepala lecet karena gatal. Kita juga tidak akan terlihat cantik karena sering menggaruk kepala. Air kelapa yang mengandung tanin bisa menjadi antibakteri dan vitamin C yang mampu menghilangkan ketombe. Jika dipadu degnan nanas dan jeruk nipis, ramuan ini akan lebih sempurna. Untuk membuat ramuan sendiri, Anda membutuhkan setengah butir kelapa tua dan seperempat nanas mengkal. Parut keduanya dan ambil airnya. Tambahkan perasan satu buah jeruk nipis dan biarkan selama 15 menit. Jika Anda keramas dengan ramuan ini seminggu sekali, ketombe niscaya akan hilang.

* Melembabkan rambut

Memiliki rambut kering memang tidak menyenangkan karena mudah patah. Untuk mengatasinya, rambut harus dilembabkan. Air kelapa dapat digunakan untuk melembabkan rambut. Kandungan vitamin C pada air kelapa bisa mengurangi minyak sekaligus memberi kelembaban. Cara membuat ramuannya adalah dengan mencampur air kelapa dari kelapa yang tidak begitu tua dengan air biasa. Perbandingannya satu banding satu. Basuhkan ke rambut setiap habis keramas.

Tips Menjaga Kesehatan Rambut dengan Santan Kelapa

Berikut tips cara menggunakannya yang semoga dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan rambut khususnya dengan santan kelapa ini.
1. Tempatkan santan kelapa dalam panci ukuran sedang. Hangatkan di atas api kecil selama 10 menit. Aduk sesekali. Jaga jangan sampai santan mendidih.
2. Pindahkan santan hangat ke dalam mangkuk. Pastikan santan cukup hangat namun tidak terlalu panas. Anda tentu tidak ingin mengoleskan santan panas ke kulit kepala.
3. Lilitkan handuk ke bahu dan leher.
4. Sisir rambut agar tidak kusut sekaligus untuk memberi pijatan pada kulit kepala.
5. Celupkan jari ke dalam mangkuk santan. Dengan jari yang sudah dicelupkan, oleskan santan ke rambut dan kulit kepala. Ulangi sampai rambut dan kulit kepala cukup basah.
6. Pijat kulit kepala dengan lembut menggunakan jari-jari atau sisir bergigi jarang. Lakukan pemijitan selama sekitar 15 menit.
7. Tutup rambut dengan shower cap selama setidaknya satu jam.
8. Cuci rambut dengan shampo untuk menghilangkan minyak, lalu bilas hingga bersih. Biarkan kering.
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*