Cara Ampuh untuk Mengobati Kuku Cantengan

Cara Ampuh untuk Mengobati Kuku Cantengan
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Kuku cantengan atau kuku bernanah, disebut juga Paronychia adalah infeksi kulit, biasanya terjadi di dasar kuku jari tangan atau jari kaki. Bisa terjadi biasanya disebabkan oleh gigitan serangga, kebiasaan menggigit kuku, sehingga terjadi infeksi oleh jamur, bakteri, dsb.

Cara Ampuh untuk Mengobati Kuku Cantengan

Tips mengatasi kuku cantengan ini sangat efektif untuk meringankan rasa sakit, bengkak, kemerahan, dan nanah di sekitar kuku. Untuk menyembuhkan cantengan dengan tuntas diperlukan obat cantengan, mulai dari obat cantengan tradisional, antibiotik, sampai tindakan operasi kecil.

Umumnya, penyebab cantengan adalah karena :

  • Kesalahan dalam memotong kuku. Kuku yang dipotong melewati batas maksimal pertumbuhan (terlihat pada bagian bawah kulit yang merah), atau tidak rata di bagian kanan kirinya dapat menyebabkan infeksi bakteri yang berujung cantengan.
  • Mengorek kuku kaki. Saat kuku kaki kotor, mungkin Anda akan membersihkan kotoran tersebut dengan mengorek-ngorek bagian dalam kuku. Tindakan ini justru menjadi salah satu penyebab cantengan.
  • Kebiasaan menggigit kuku. Beberapa orang ada yang mempunyai kebiasaan aneh, seperti menggigit kuku jari tangan. Entah apa tujuannya, yang jelas, kebiasaan ini akan memudahkan kulit yang seharusnya terlapisi kuku terserang bakteri.
  • Memakai sepatu atau kaos kaki sempit. Sepatu atau kaos kaki yang terlalu sempit di bagian depan akan menyiksa kuku kaki yang secara tidak sadar menimbulkan infeksi.
  • Kurangnya kesadaran dalam merawat kuku. Meskipun kecil dan terkesan sepele, kotoran pada kuku kaki tidak bisa dibiarkan mengumpul dan bersemayam terlalu lama. Jika dibiarkan, Anda akan tersiksa ketika kuman sudah menginfeksi dan menyebabkan cantengan yang menyakitkan.
Beberapa cara mengobati cantengan baik pada kuku kaki ataupun tangan tidak jauh berbeda, karena penyebabnya pun sama-sama infeksi bakteri. Berikut ini tindakan-tindakan pengobatan yang dianjurkan.

1. Meredakan peradangan dan infeksi dengan krim

Langkah paling awal saat gejala cantengan timbul adalah mengolesi salep atau krim yang mengandung antibiotik dan antiradang untuk meminimalisir infeksi dan peradangan sehingga kondisi kuku tidak bertambah buruk. Pengobatan ini cukup membantu pada cantengan ringan (kronik), bukan akut.

2. Bila kuku tertancap, cabut kuku sangat membantu

Apabila kuku kaki yang menancap terlalu dalam dan obat yang Anda konsumsi tidak membantu, maka mencabut kelebihan kuku yang tertancap ke dalam kulit bisa menyembuhkan dan mengurangi perluasan infeksi.
Tindakan bedah ringan ini harus dilakukan oleh tangan profesional (dokter) dan alat-alat yang steril. Pertama kali dokter akan memberikan anestesi atau bius lokal. Selanjutnya, dengan alat yang sudah disediakan, kuku kaki yang menancap akan dikeluarkan dan sisa kotoran atau infeksi akan dibersihkan. Terakhir, bagian yang terkena cantengan akan diberi obat pereda nyeri dan antiradang serta antibiotik untuk mengurangi peradangan dan infeksi yang terjadi.

3. Rendam kaki atau tangan ke air hangat

Merendam kaki atau tangan yang salah satu jarinya terdapat cantengan ke air hangat adalah cara mengobati kuku cantengan paling mudah dan alami untuk dilakukan. Cara ini bisa Anda terapkan sebelum mengoles obat salep cantengan. Atau pada awal-awal terasa beberapa gejala seperti kuku yang hangat bila disentuh, kemerahan, bengkak, dan lebih keras dibanding kuku pada jari lain.
Prosesnya cukup dengan menyiapkan air hangat secukupnya pada suatu wada, gunakan baskom saja, campurkan dengan garam. Kemudian rendam jari yang cantengan, tunggu selama 15 – 30 menit, lakukan setidaknya 3 kali sehari. Cara mengatasi cantengan ini dapat meredakan rasa askit dan mengurangi pembengkakan.

4. Mengeluarkan nanah pada cantengan yang kondisinya parah

Kuku cantengan yang tidak dirawat selama 3 hari saja dapat menimbulkan beberapa masalah serius seperti terkandungnya nanah di bawah kulit atau kuku yang tanpa dipegang pun akan terasa sakit berdenyut atau nyut-nyutan. Kondisi cantengan seperti ini tidak bisa diatasi dengan cara-cara sebelumnya, karena sudah tidak mempan.
Tindakan ini bisa dibilang paling mengerikan, karena nanah dipaksa keluar untuk meminimalisir kondisi yang lebih buruk ke depan. Dibutuhkan alat-alat steril untuk menyayat (insisi) permukaan kulit yang bernanah hingga nanah dibiarkan mengalir (drainase) sampai habis.

Pencegahan Cantengan

Tujuan utama pada cara-cara mengobati cantengan pada kuku kaki atau tangan tersebut adalah mengurangi dan menghilangkan bakteri penyebab infeksi yang setelah berhasil haruslah dijaga kebersihannya sehingga tidak lagi terkena cantengan dengan beberapa tindakan pencegahan seperti berikut:
  • Cara mencegah cantengan yang utama adalah merawat kuku dan kulit di sekitarnya dengan baik.
  • Hindari segala penyebab yang kemungkinan menjadi risiko terbesar datangnya infeksi.
  • Hentikan kebiasaan buruk dan tidak bermanfaat seperti menggigit kuku.
  • Bersihkan kuku sebaiknya tidak dengan dikorek-korek, tetapi langsung saja dengan menggunting kuku yang rapi dan tidak terlalu pendek. Atau bila ternyata kuku masih pendek, Anda bisa membersihkan kotoran yang menempel dengan merendam kaki atau tangan yang ingin dibersihkan sembari digosokkan perlahan untuk membersihkan kotoran dan sisa kuman yang terselip di dalam sela-sela kuku.
  • Melindungi tangan dengan sarung plastik atau karet pelindung bila Anda akan berurusan dengan deterjen dan bahan kimia lain.
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*