Cara Ampuh Atasi Rambut Berketombe Secara Alami

Cara Ampuh Atasi Rambut Berketombe Secara Alami
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Mengatasi rambut berketombe tidak cukup hanya dengan menggunakan shampo anti ketombe, karena zat aktif dalam shampo anti ketombe tersebut akan hilang saat Anda membilas rambut ketika selesai keramas. Tahukah Anda jika ada beberapa cara yang dapat Anda tempuh untuk mengatasi rambut berketombe secara alami di kulit kepala?

Cara Ampuh Atasi Rambut Berketombe Secara Alami

Ketombe merupakan pengelupasan berlebih sel kulit mati yang menumpuk kulit kepala dan disebabkan karena kulit kepala yang berminyak dan lembab. Penyebab lainnya adalah pemakaian shampo yang tidak cocok, pemakaian pewarna rambut dan produk styling yang dapat meninggalkan residu serta serpihan kering seta memicu reaksi kulit karena zat kimianya. Mencuci rambut secara tidak teratur juga dapat memicu munculnya rambut berketombe.

Berikut beberapa cara ampuh yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rambut berketombe secara alami di kulit kepala Anda, berikut ulasannya:

Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya mempunya vitamin dan mineral yang mampu merawat rambut. Selain itu, lidah buaya mengandung aloe vera yang dapat digunakan sebagai kondisioner alami yang mempunyai efek pendingin.

Cara pemakaiannya dengan membelah lidah buaya menjadi dua. Lalu oleskan ke kulit kepala dan diamkan selama 40-60 menit. Lakukan secara rutin sampai rambut berketombe hilang. Atau, Anda juga dapat mencampurkan jus lidah buaya ke shampo.

Menggunakan Mengkudu

Selain untuk kesehatan tubuh, ternyata buah mengkudu juga bermanfaat untuk perawatan rambut. Sejak jaman dahulu, masyarakat sudah menggunakan mengkudu untuk menanggulangi rambut rontok, uban dan rambut berketombe.

Cara pemakaiannya dengan menyiapkan 2-3 buah mengkudu matang. Kemudian parut dan beri sedikit air dalam wadah, campur hingga rata. Oleskan ke kulit kepala sambil pijat lembut lalu biarkan selama 10-15 menit, lalu cuci bersih. Lakukan 2-3 kali seminggu hingga gatal dan rambut berketombe hilang.

Menggunakan Jeruk Nipis

Buah yang banyak ditemukan diberbagai daerah ini ternyata kaya akan manfaat, salah satunya untuk meghilangkan rambut berketombe. Jeruk nipis mempunya kandungan vitamin yang mampu menyuburkan rambut.

Caranya yaitu dengan menggunakannya setelah keramas. Oleskan perasan air jeruk nipis ke kulit kepala dan pijat dengan lembut, lalu biarkan selama 30 menit. Bilas sampai bersih. Air perasan jeruk nipis dapat mengurangi gatal akibat munculnya ketombe dan mengatasi rambut berketombe.

Menggunakan Kunyit

Kunyit dipercaya mempunyai banyak khasiat karena mempunyai bnyak kandungan yang sangat baik untuk tubuh. Kunyit mempunyai kandungan kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin, serta mengandung minyak atsiri, karbohidrat, vitamin C, kalsium, zat besi, fosfor dan sebagainya. Beberapa kandungan dari kunyit tersebut juga bermanfaat untuk mengatasi rambut berketombe secara alami di kulit kepala.

Caranya yaitu siapkan kunyit kira-kira sebesar dua buah jari tangan, bersihkan kulitnya kemudian parut dan peras airnya. Oleskan ke kepala sembari dipijat-pijat, biarkan 15-30 menit kemudian cuci bersih dengan air dingin. Ulangi beberapa kali sampai rambut berketombe hilang.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*