Cara Alami Mengatasi Telapak Kaki yang Pecah-Pecah

Cara Alami Mengatasi Telapak Kaki yang Pecah-Pecah
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Telapak kaki pecah-pecah biasanya menyerang bagian tumit dan bila hal ini terjadi seringkali terjadi membuat rasa percaya diri kita menurun. Kita pun enggan menggunakan sandal dan lebih sering menggunakan kaus kaki dan sepatu. Tahukah anda apa penyebab dan bagaimana cara menghilangkan masalah telapak kaki pecah-pecah ?

Cara Alami Mengatasi Telapak Kaki yang Pecah-Pecah

Agar lebih mudah mengatasi telapak kaki pecah-pecah maka kita harus mengetahui penyebabnya. Pada umumnya, telapak kaki pecah-pecah terjadi karena kondisi kulit kaki yang kering dan kurang lembab. Namun selain itu masih terdapat penyebab telapak kaki pecah-pecah lainnya seperti adanya aktivitas yang berlebihan dengan kaki sehingga terjadi penebalan yang kita kenal sebagai kapalan. Berikut ini adalah penyebab telapak kaki pecah-pecah yang sering terjadi :

  1. Keadaan menjaga kebersihan kulit kaki, seperti membersihkan bagian telapak kaki.
  2. Faktor cuaca, seperti cuaca dingin dan cahaya matahari yang sering merusak kelembapan kulit.
  3. Kekurangan nutrisi untuk kesehatan kulit seperti vitamin, mineral, zat besi dan seng.
  4. Kaki yang terkena air terus menerus terutama bila anda berjalan di tempat berair atau berdiri lama di tempat lembab seperti di kamar mandi dapat menyebabkan kehilangan minyak alami kulit sehingga kulit menjadi kering dan kasar.
  5. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan tekanan pada lemak yang berada di bawah tumit sehingga kulit pun melebar ke samping. Pada kulit kering yang tidak memiliki fleksibilitas maka tekanan tersebut akan menyebabkan tumit pecah-pecah.
  6. Semakin bertambah umur anda maka faktor elastisitas kulit semakin berkurang, sengan demikian semakin mudah mengalami telapak kaki pecah-pecah.
  7. Penyakit kaki dan penyakit lainnya yang mengganggu pada kaki seperti eksim, psioriasis, diabetes, penyakit tiroid dan kondisi lainnya sehingga menyebabkan kondisi kulit kaki pecah-pecah.

Itulah beberapa penyebab telapak kaki pecah-pecah yang perlu anda ketahui. Setelah anda mengetahui penyebabnya, maka anda pun akan lebih mudah mengetahui cara mengatasi telapak kaki pecah-pecah.

Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi telapak kaki pecah-pecah :

  • Menggunakan rendaman air jus lemon. Cara ini berguna untuk mengangkat sel kulit mati, dan dapat juga memberikan nutrisi untuk kulit telapak kaki.
  • Mengoleskan minyak zaitun. Selain dapat mengobati telapak kaki pecah-pecah, dengan mengoleskan minyak zaitun juga dapat membuat telapak kaki menjadi lebih halus. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, oleskan minyak zaitun pada telapak kaki secara rutin.
  • Mengatasi telapak kaki pecah-pecah selain menggunakan minyak zaitun, ternyata dapat juga dengan mengunakan minyak kelapa murni ataupun dengan minyak esensial.
  • Menggunakan campuran air mawar dengan gliserin.
  • Memberikan asupan vitamin serta mineral yang cukup melalui diet sehat.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi telapak kaki pecah-pecah yang dapat anda coba praktikan di rumah. perlu diingat bahwa cara mengatasi telapak kaki pecah-pecah secara alami tersebut memerlukan kedisiplinan dan ketekunan anda. Semoga bermanfaat.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*